Sabtu, Juli 18, 2009

Jadilah Bunglon

JADILAH BUNGLON

“Selalu bermanfaat bagi orang lain merupakan sebuah prestasi
dan kesuksesan dalam hidup”

Siapa yang dapat menyangkal bahwa manusia itu makhluk yang suka meniru? Meniru manusia yang lain, meniru dari lingkungannya, dan meniru alam. Meniru cara berbicara, cara makan, cara berjalan, cara bergaul, berperilaku, bersikap, dan masih banyak lagi.

Meniru merupakan salah satu sifat dasar manusia. Dari ha-hal yang paling sederhana hingga kompleks. Kita mengubah pendapat dan kebiasaan kita sesuai dengan lingkungan kita. Kita melakukan apa orang lain lakukan.

Tidak ada manusia yang mampu hidup seorang diri. Tidak ada satupun manusia yang dapat mencapai tujuan hidupnya tanpa bantuan manusia yang lain. Mereka meniru untuk memperoleh kesamaan sebagai identitas diri.
Contoh, pada keadaan massa yang sedang mendengarkan orasi toko idolanya. Secara bersamaan, mereka tertawa saat sang orator mengeluarkan kata-2 lucu, mereka bertepuk tangan saat sang orator meneriakkan slogan pembelaan nasib mereka atau saat meneriakkan slogan perlawanan terhadap musuh mereka, dan bahkan mereka ikut terharu saat sang orator memperlihatkan kesedihannya.

Perlu dipahami bahwa meniru yang dimaksud bukanlah meniru yang negatif, tetapi yang bermuara pada hal yang positif. Jika bunglon merasa terancam jiwanya, maka iapun akan “meniru” tempat yang ia diami dalam upaya menyelamatkan dirinya.

Begitu pula dengan kita yang memiliki sifat suka meniru. Dalam menapaki kehidupan, kita harus bisa mempraktikan gaya bunglon, yaitu selalu bisa beradaptasi dalam hal kebaikan dimanapun kita berada. Sehingga kalau kita bisa selalu menyesuaikan diri dimanapun, insya Allah, kita tidak akan kesulitan dalam hidup, terutama dalam hal ingin meraih tujuan.

Sedangkan, langkah-2 untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan, al, sbb :
Biasakan untuk tidak berburuk sangka pd orang lain walau blm anda kenal.
Kenalilah lingkungan dimana anda berada sblm anda mengerjakan sesuatu di lingkungan tsb.
Berusahalah untuk bisa memahami dan beradaptasi dg link yg anda tempati.
Jangan berbuat sesuatu yg bisa merusak ketenangan dan ketentraman lingk anda.
Mencobalah untuk selalu bersikap “hormat” thdp lingk anda.
Berusahalah unt sll bermanfaat bagi orang lain, dan jangan pernah menjadi benalu dlm lingk. Anda

Wassalam

Fadil Arif
Grosir Kerajinan Kulit
SejutaPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar