Senin, Mei 18, 2009

BOBOL, BODOL DAN BOTOL


BOBOL, BODOL DAN BOTOL

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah berkunjung ke rumah Pemilik Bisnis Bimbingan Belajar Primagama ( Purdhi E. Chandra ) di Yogyakarta

Kami rombongan satu bis dari Malang dan Surabaya yang tergabung dalam komunitas Entrepreneur University (EU) yang juga didirikan oleh Bpk. Purdhi, yang perkembangannya sudah tersebar dibeberapa kota di Indonesia.
EU adalah suatu komunitas yang ingin mencetak dan melahirkan pengusaha-2 baru dengan memberikan bimbingan dan pelatihan seumur hidup. Bagi lulusannya tidak perlu ijasah, dan baru diwisuda setelah mulai membuka usaha.

Purdhi E. Chandra, mantan mahasiswa UGM dan IKIP Jogyakarta yang terus tekun menggeluti dan mengembangkan bisnis yang didirikannya sejak dibangku kuliah. Sebagai mahasiswa pada awal tahun 1980 an. Otaknya tergolong encer, beberapa kali dia mengikuti tes masuk PT beberapa jurusan dan lolos terus. Sayangnya, kuliahnya sendiri tidak pernah lulus.

Dialah yang mengeluarkan jurus BOBOL ( Berani Optimis Bisnis Orang Lain ); BOTOL ( Berani Optimis Tenaga Orang Lain ); BODOL ( Berani Optimis Duit Orang Lain )

BOBOL ( Berani Optimis Bisnis Orang Lain )
Kalau kita tidak mempunyai ide untuk bisnis apa, yang penting harus berani dan optimis memulai bisnis dengan meniru bisnis orang lain, atau kita ikut menjalankan bisnis yang sudah tersistem ( misal MLM ), atau mengambil franchise yang sekarang banyak bermunculan mulai dari yang lima jutaan sampai dengan ratusan juta. Sambil belajar untuk mempunyai bisnis sendiri.

BOTOL ( Berani Optimis Tenaga Orang Lain )
Selain kita tetap memiliki keberanian dan optimis, kitapun bisa memakai tenaga orang lain, atau kita bisa mencari orang yang ahli dibidangnya, sehingga bisnis tetap bisa jalan. Pendeknya bisnis tidak harus kita sendiri yang menjalankan.

BODOL ( Bernai Optimis Duit Orang Lain )
Nah, kalau nggak punya duit gimana ?, kita bisa mencari pinjaman atau memakai duit orang lain. Saya yakin, asal bisnis kita jelas, dan punya prospek yang bagus, pasti ada saja orang yang mau memberi pinjaman modal pada kita.

Dan satu lagi jurus ATM. Apa itu ?, ya jurus yang paling gampang dan tidak perlu repot-2 mencari ide, yaitu : ATM ( Amati Tiru Modifikasi )

Wassalam,

Fadil Arif
Grosir Kerajinan Kulit
SejutaPengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar